+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

Godaan dan Kesabaran Dalam Menuntut Ilmu

Share it Please
Betapa banyak gangguan yang dihadapi oleh orang-orang yang berusaha menuntut ilmu. Godaan tersebut datang setiap kali mereka mencari dan berusaha mempelajari ilmu. Kesabaran sangat dibutuhkan oleh setiap penuntut/pencari ilmu, setelah proses sabar itu terus diaplikasikan, maka akan membuahkan hasil dan memperoleh pengetahuan lebih tinggi dari ilmu yang dipelajari tersebut.
 
Godaan yang datang saat menuntut ilmu seperti selalu harus mengerjakan tugas baik pekerjaan rumah maupun mengisi jawaban atas soal yang diuji saat mengikuti ujian/ulangan bagi pelajar di sekolah. Mencatat materi yang dibahas oleh guru setiap lembar buku. berapa buku yang anda selipkan untuk dijadikan sebuah kemasan catatan pelajaran sekolah anda?

Syaikh Nu'man mengatakan, “Betapa banyak gangguan yang harus dihadapi oleh seseorang yang berusaha menuntut ilmu. Maka dia harus bersabar untuk menahan rasa lapar, kekurangan harta, jauh dari keluarga dan tanah airnya. Sehingga dia harus bersabar dalam upaya menimba ilmu dengan cara menghadiri pengajian-pengajian, mencatat dan memperhatikan penjelasan serta mengulang-ulang pelajaran dan lain sebagainya. Semoga Allah merahmati Yahya bin Abi Katsir yang pernah mengatakan, “Ilmu itu tidak akan didapatkan dengan banyak mengistirahatkan badan”, sebagaimana tercantum dalam shahih Imam Muslim. Terkadang seseorang harus menerima gangguan dari orang-orang yang terdekat darinya, apalagi orang lain yang hubungannya jauh darinya, hanya karena kegiatannya menuntut ilmu.

Tidak ada yang bisa bertahan sampai 6 tahun di Sekolah Dasar (SD) jika tidak dilatar belakangi oleh sifat sabar untuk menggapai sukses, lulus sekolah dasar, mendapat nilai yang tinggi, menjadi murid berprestasi di sekolah. Kesabaran juga akan membuat seseorang tahu makna kehidupan, bersabar saat belum naik kelas, orang yang tahu cara makna dari kegagalan yang dihadapi tersebut justru akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan temannya yang menjadi murid terpandai saat itu. 

Buah dari kesabaran tersebut akan dipanen saat sudah cukup umur. Coba anda lihat atau baca biografi perjalanan hidup para ilmuan atau tokoh-tokoh di dunia, berapa sering mereka mengalami kegagalan dan terus mencoba hingga mereka tahu penyebab kegagalan tersebut, itulah makna kesabaran sebenarnya. Rahasia sukses itu ada pada orang-orang yang sabar dan mau mencobanya lagi.

0 komentar: